Profil Syahrian Abimanyu, Pesepakbola Idola Remaja

Syahrian Abimanyu, seorang pesepak bola kelahiran Banjarnegara, Jawa Tengah 25 April 1999 sedang naik daun karena sejumlah torehan prestasinya. Pria yang akrab disapa Abi ini ternyata sudah mulai menggeluti dunia sepak bola sejak dirinya masih sekolah taman kanak-kanak. Karirnya semakin bersinar semenjak Abi dilirik oleh Johor Darul Takzim, klub bola terkemuka asal Malaysia. Ingin mengenal dekat Abi? Yuk, simak profil Syahrian Abimanyu.    

Sudah Ikut Sekolah Bola dari Taman Kanak-Kanak

Syahrian Abimanyu mulai mengenal dunia bola semenjak kecil. Hal tersebut tidak bisa dipungkiri, karena keluarganya memang dekat dengan dunia sepak bola. Ayahnya, Rasimin, adalah seorang pelatih sepak bola sehingga tidak mengherankan apabila Abi tertarik dengan dunia bola sejak dirinya masih kecil.

Passion-nya terhadap bola juga yang mengantarkannya untuk sekolah sepak bola di Spanyol pada saat dirinya berumur 13 tahun. Demi kariernya, Abi mantap untuk bersekolah di Spanyol, agar dirinya bisa belajar dan berlatih dengan baik.

Cerita Kehidupan di Spanyol

Masih termasuk dalam usia belia, di umurnya yang ke-13 tahun, Abi harus rela berpisah dari keluarganya di Indonesia untuk menempuh pendidikan di sekolah sepak bola yang berada di Spanyol, yaitu Atletico Levante UD B. Dalam wawancaranya dengan Musemediaid, Abi mengisahkan kehidupannya pada saat itu di Spanyol.

See also  Cedera Hamstring Pemain Bola Terparah, Siapa Saja?

Lima tahun bukan waktu yang sebentar dan dibutuhkan penyesuaian juga. Mulai dari makanan, budaya, hingga pergaulan. Untungnya, Abi dikirim kesana bersama dengan sepuluh orang temannya, sehingga ketika suntuk mendera, Abi bisa bertukar candaan dengan teman-temannya.

Perbedaan Signifikan Antara Spanyol dan Indonesia

Masih dalam wawancara Syahrian Abimanyu dalam akun Youtube Musemediaid, Abi memaparkan perbedaan mencolok antara sekolah sepak bola di Spanyol dan Indonesia. Untuk program latihan yang dilakukan sama. Yang membedakan adalah mengenai fasilitas yang disediakan seperti private gym dan lapangan, program yang teratur untuk anak usia dini, dan habits yang harus diikuti oleh semua anak didik.

Tidak seperti di Indonesia yang masih menganut budaya ngaret, di sana semua serba diatur dan harus ontime. Harapan dari Abi adalah semoga Indonesia lebih mengatur lagi system pertandingan yang ada dan memperbaiki fasilitas untuk mendukung para pemain.

See also  Pemain Sepak Bola Indonesia Beragama Kristen

Karier Profesional di Indonesia

Syahrian Abimanyu sempat bergabung dengan Sriwijaya FC selama dua tahun dari tahun 2017-2019. Setelah itu Abi bergabung dengan Madura United sampai tahun 2020. Di sini Abi bertemu dengan ayahnya yang menjadi asisten pelatih. Namun, Abi memastikan bahwa tidak ada perlakuan spesial yang diterima olehnya. Selama bergabung dengan Madura United, Abi memberikan performa yang sangat baik, yaitu 20 penampilan di Liga Satu.

Abi mulai dikenal luas oleh masyarakat semenjak Abi bergabung dengan Timnas U-16 di usianya yang berumur 14 tahun. Abi bermain di AFF U-16 pada tahun 2013 dan sukses membawa Indonesia melaju hingga partai puncak. Selain itu, Abi juga pernah bermain untuk Timnas U-19 yang tergabung dengan skuad Garuda Muda dan bermain di AFF 2017 dan 2018. Yang terakhir Abi bergabung di skuad Timnas U-23 yang pada waktu itu bertanding melawan Vietnam. Tercatat bahwa Abi mengoleksi 18 penampilan untuk Timnas U-19 dan lima kali bersama Timnas U-23.

Kehidupan Pribadi

Sama dengan kebanyakan anak muda pada umumnya, diluar sepak bola, Syahrian Abimanyu juga aktif di Instagram. Mendapat perhatian yang begitu besar, tak lantas membuat Abi merasa terbebani. Malah justru menjadi kebanggaan tersendiri ketika ada orang yang mengetahui dirinya dan ingin berfoto bersama.

See also  Biografi Bambang Pamungkas, Pesepakbola Panutan

Selain itu juga, Abi memiliki hobi bermain game. Ketika disinggung soal pacar dalam wawancaranya dengan Musemediaid, Abi hanya tertawa dan mengaku hanya memiliki teman dekat saja. Abi juga menambahkan dirinya sedang ingin fokus untuk kariernya sehingga belum terlalu memikirkan soal pacaran.

Itulah profil Syahrian Abimanyu, yang sekarang sedang banyak dibicarakan juga karena berhasil dilirik oleh satu klub besar dan bergengsi Johor Darul Takzim Malaysia. Jatuh juga sempat dirasakan oleh Abi ketika dirinya harus mengalami cidera ligamen pada lututnya dan harus dioperasi yang membuatnya vakum selama lima bulan.

Selama itu juga dirinya sempat mengaku depresi. Namun, dukungan dan support dari orang-orang dekatnya yang bisa membuat dia kuat dan bangun kembali untuk kembali mengejar mimpi-mimpinya di dunia bola. Pesan dari Abi adalah untuk selalu menjadi pribadi yang optimis, bekerja keras, tidak gampang puas. Karena bila ingin mencapai sesuatu, maka diperlukan pengorbanan juga.

You May Also Like

About the Author: Yuko Haruna