Pencetak Gol Portugal Terbanyak Sepanjang Masa

Portugal memiliki banyak pemain top yang melambungkan namanya di berbagai piala dunia, salah satunya di kompetisi elite Eropa. Keberhasilannya tidak lepas dari para pencetak gol Portugal yang selalu apik dalam menggocek bola. Dilihat dari masa ke masa, walaupun adanya pergantian pemain, Portugal tidak pernah kehilangan pemain handal.

Dalam dunia sepak bola, pencetak gol selalu mendapat perhatian khusus. Mengingat posisi penting yang mereka pegang sebagai pasukan penjaga gawang dari kebobolan. Lantas, siapa saja pemain Portugal yang mencetak gol terbanyak?

1. Cristiano Ronaldo

Sang pencetak gol terbanyak tim Portugal ini telah menyumbang 102 gol dari 170 pertandingan. Baru-baru ini Ronaldo juga menorehkan prestasi baru. Ronaldo menyabet gelar Coppa Italia setelah 3 musim menunggu. Dua musim sebelumnya, Ronaldo belum mampu meraih gelar tersebut karena lagi-lagi, tim lain berhasil mengalahkannya.

See also  Gaji Termahal Pemain Bola Indonesia, Ini Penerimanya

Kini, sang legendaris menambahkan daftar panjang prestasinya. Termasuk Coppa Italia, Ronaldo telah mengoleksi sebanyak 34 trofi sampai sekarang. Capaian trofi terbanyak ia peroleh dalam Liga Champions sebanyak 5 trofi.

2. Pedro Pauleta

Striker legendaris Portugal pada masanya ini, dalam 88 pertandingan telah menyumbang 47 gol. Bernama lengkap Pedro Miguel Carreiro Resendes, Pauleta merupakan top skor bagi tim Portugal sebelum masa Cristiano Ronaldo. Dirinya pensiun di tahun 2006 dimana pada tahun tersebut, rekor cetakan golnya lebih torehan gol Cristiano Ronaldo. 

Kecintaannya terhadap dunia sepak bola tidak membuat Pauleta hengkang begitu saja ketika pensiun. Tidak hanya itu, Pedro juga mendedikasikan diri sebagai komentator dan aktivitas lainnya. Bahkan, dimulai dari tahun 2020 lalu, Pauleta menjadi duta Ligue 1 di kompetisi Liga Prancis bersama Jean-Pierre Papin, legenda sepak bola asal Prancis.

3. Eosebio

Pencetak gol terbanyak era ’60-an ini memiliki nama lengkap Eosebio da Silva Ferreira. Total cetakan gol sepanjang karirnya mencapai 733 gol baik dengan tim Portugal maupun tim lain. Adapun dengan timnas Portugal, Eosebio menyumbang 41 gol dari 64 pertandingan. 

See also  Cedera Hamstring Pemain Bola Terparah, Siapa Saja?

Karena prestasinya ini, Eosebio masuk ke dalam salah satu pemain sepak bola terbaik dunia. Eosebio menghembuskan nafas terakhirnya di usianya yang ke 71 pada tahun 2014. Diduga karena masalah pernapasan dan gangguan jantung yang telah lama ia derita, bahkan beberapa tahun sebelumnya ia telah menerima banyak perawatan.

4. Luis Figo

Pencetak gol Portugal terbanyak selanjutnya yaitu seorang mantan pemain Barcelona, Luis Figo. Memulai karir juniornya di tahun 1989, Luis bermain untuk timnas Portugal pada tahun 1991 sampai 2006. Sebelumnya ia telah membela tim Sporting CP, Barcelona, Real Madrid dan sampai tahun 2009, ia bersama untuk Internazionale.

Luis berhasil menggolkan 31 bola dari 126 pertandingan untuk timnas Portugal. Sebagai pemain bebas transfer, ia banyak menorehkan prestasi baik itu individu maupun tim. Pemain kelahiran 4 November 1972 itu memutuskan pensiun di tahun 2009.

See also  Starting Eleven Pemain Muda Terbaik Dunia

5. Nuno Gomes

Satu lagi mantan pemain timnas Portugal yang banyak menyumbangkan gol untuk timnya. Menggolkan 29 bola dari 78 pertandingan, Nuno Gomes sempat menjadi harapan timnas Portugal pada masanya. Tahun 2000-an menjadi tahun keemasan bagi Nuno yang konsisten mencetak gol pada tiga edisi piala Eropa.  

Telah pensiun dari timnas Portugal, mantan pemain dengan nomor punggung 21 itu aktif di berbagai kegiatan Federasi Sepak Bola Dunia. Nuno Gomes seringkali diundang menjadi bintang tamu di acara sepak bola televisi dan menjalankan kegiatan amal dalam pertandingan FIFA.

Itulah 5 pencetak gol Portugal terbanyak sepanjang karirnya sampai saat ini. Prestasinya membuat mereka sulit dilupakan dan selalu terkenang di hati para penggemar. Beberapa memang telah menjadi mantan pemain, tapi mereka mengharumkan nama Portugal di masanya masing-masing.

You May Also Like

About the Author: Yuko Haruna