Pemain Sepak Bola Indonesia Beragama Kristen

Indonesia adalah negara yang kental akan pluralisme. Sebagai negara plural, Indonesia sudah mengakui secara resmi eksistensi dari ke 6 agama termasuk Kristen. Hal ini pun berpengaruh pada industri olahraga. Maka tak heran jika terdapat sejumlah pemain sepak bola Indonesia beragama Kristen apapun mahzabnya.

Meskipun agama minoritas, posisi agama Kristen setara dengan agama lainnya. Ada dua mahzab Kristen yang diakui di Indonesia yaitu Katolik dan Protestan atau gereja yang tidak satu hierarki dengan Katolik. Ketegasan kesetaraan membuat persaingan adil diantara masyarakatnya. Begitu pula dengan industri sepakbola. Berikut adalah daftar pemain sepakbola dengan agama Kristen:

1. Kim Jeffrey Kurniawan

Pemain sepak bola indonesia beragama Kristen yang pertama adalah Kim Jeffrey Kurniawan. Kim adalah pemain sepakbola keturunan Indonesia-Jerman yang memiliki darah Tionghoa dari ayahnya. Kakeknya Kwee Hong Sing, pernah ikut andil dalam sepakbola Persija dan Timnas Indonesia pada tahun 1950-an. Kim kini membela PSS Sleman sajak awal musim kompetisi 2021.

Elisabeth Novia Makalew dipersunting Kim pada 3 Januari 2020. Kim merayakan natal pertamanya bersama Istri dan anaknya pada bulan Desember. Kebahagiaan itu diabadikannya di sosial media instagramnya. Kim terlihat bahagia dengan ditemani istri dan anaknya, berpose berlatar belakang pohon natal. Malam natal menjadi malam sempurna bagi Kim dan keluarga.

See also  Gaji Termahal Pemain Bola Indonesia, Ini Penerimanya

2. Osvaldo Haay

Pemain bernama lengkap Osvaldo Ardiles Haay ini berasal dari Indonesia Timur. Valdo lahir di Jayapura pada 17 Mei 1998. Valdo bergabung dengan tim Persija pada 1 Februari 2020 dan memperpanjang kontraknya pada 9 Maret 2021. Pemain dengan tinggi 174 cm ini berposisi utama sebagai sayap kiri dan terkadang membantu penyerangan.

Sama seperti Kim, Valdo juga membagikan kebahagiaan perayaan natalnya di sosial media instagramnya. Berbeda dengan Kim, Valdo terlihat sendiri dikarenakan valdo baru menikah pada bulan Februari 2021. Valdo beratributkan topi merah dengan tulisan Merry Christmas dan dilatari dengan pohon natal. Tidak lupa Valdo menuliskan Feliz Navidad yang berarti Selamat Natal.

3. Lerby Eliandri

Lerby lahir pada 21 November 1991 di Samarinda, Kalimantan Timur. Mengawali karirnya dari Persisam U-21 pada karir juniornya dan sukses bersama Borneo FC di laga profesional. Lerby sudah mengantongi setidakya 51 gol sejak 2012 hingga 2020 dengan penampilan sebanyak 144 kali. Awal tahun 2020, Lerby memilih bergabung dengan Bali United.

See also  Starting Eleven Pemain Muda Terbaik Dunia

Natal 2020, Lerby mengabadikan kebahagiaannya bersama keluarga di laman media sosial instagramnya. Terlihat kebahagiaan Lerby bersama sang istri dan anaknya Christiano Yasha Eliandri. Berpose dengan baju putih-putih selaras dengan istri dan anaknya ditemani pohon natal di sebelah kirinya. Lerby menikahi sang istri Risma Syahrozad sejak 22 Mei 2017.

4. Fulgensius Billy Paji Keraf

Fulgensius Billy Paji Keraf atau Billy Keraf, lahir 8 November 1997 di Maumere, Nusa Tenggara Timur. Billy mengawali karirnya juniornya bersama ASIOP Apacinti. Di karir seniornya, Billy bergabung dengan Persib Bandung pada 2017. Billy kemudian dipinjamkan kepada Borneo FC dan Badak Lampung FC. Kini Billy bersama Persita Tangerang sejak Mei 2021.

Tahun lalu Billy sempat membagikan kebahagiaannya di malam Natal melalui sosial media instagramnya. Billy berpose terduduk didepan pelataran gua Natal dan pohon Natal di sebelah kanannya. Ornamen-ornamen khas Natal itu semakin menambah suasana germelap dan bahagia di malam Natal tersebut. Billy juga terlihat mengenakan kemeja batik menambah nuansa nasionalitasnya.

See also  Pemain Bola Ganteng Indonesia, Top Visual!

5. Riko Simanjuntak

Pemain bola asal Pematangsiantar ini lahir pada 26 Januari 1992. Riko mengawali karir seniornya bersama PSMS Medan periode 2013-2014. Sempat berpindah beberapa klub, sampai akhirnya berlabuh di Persija Jakarta pada tahun 2018. Penampilannya sudah lebih dari 150 kali sepanjang karir seniornya. Riko tetap betah bersama Persija Jakarta hingga saat ini.

Riko terlihat gembira ketika merayakan malam Natal pada Desember 2020 lalu. Momen itu diabadikannya melalui sosial media instagramnya. Kebahagiannya menumpuk ketika Riko mendapatkan sejumlah hadiah parcel dari keluarganya. Tak lupa Riko juga menyampaikan doa untuk keluarganya yang ditulis di istagramnya. Ditemani pohon Natal di sebelah kanannya, Riko memamerkan parcel-parcel miliknya.

Sebagai pemain sepak bola Indonesia beragama Kristen, para pemain tersebut tidak malu ataupun minder ketika merayakan hari raya keagamaannya. Meskipun minoritas, kebahagiaannya tetap dipancarkan dan dibagikan bahkan bagi mereka yang non-kristiani. Ini mengajarkan bahwa keberagaman bukanlah hal yang harus ditutup-tutupi. Sebaliknya keberagaman itu justru menunjukan keindahannya. Seperti sebuah lukisan yang berwarna-warni.

You May Also Like

About the Author: Yuko Haruna