Cedera Hamstring Pemain Bola Terparah, Siapa Saja?

Setiap pekerjaan pasti punya resiko. Begitu juga dalam bidang olah raga, seperti sepakbola. Karena sifat permainannya , resiko cedera hampir tak terhindarkan dialami oleh pemain bola. Salah satu yang paling umum terjadi adalah cedera hamstring. Kaki sebagai alat utama dalam sepakbola adalah bagian tubuh yang paling beresiko dan hamstring adalah cedera yang terjadi pada kaki. Cedera hamstring pemain bola merupakan musibah, yang juga bisa berpengaruh pada karir mereka. Simak berikut ulasan tentang apa cedera hamstring dan siapa saja yang mengalami musibah ini.

Apa Itu Cedera Hamstring?

Kelompok otot hamstring terletak di bagian belakang paha dan terdiri dari kepala panjang dan pendek otot Biceps Femoris, otot Semitendinosus dan otot Semimembranosus. Cedera hamstring terjadi ketika otot diregangkan melebihi kapasitasnya, sehingga menyebabkan robekan pada jaringan.

Cedera hamstring biasa terjadi dalam sepak bola karena sifat permainannya, yang mengharuskan pemain untuk mengubah kecepatan dengan cepat pada interval yang sering selama pertandingan. Sebagian besar masalah hamstring terjadi saat pemain berlari – aktivitas yang membuat otot lebih tegang. Berikut penyebab umum yang mengakibatkan cedera hamstring pemain bola:

  • Meningkatkan kecepatan dan intensitas permainan.
  • Meningkatkan lari cepat dan gerakan intensitas tinggi, bersama dengan perubahan arah yang eksplosif.
  • Akselerasi dan deselerasi mendadak.
  • Postur tubuh yang tidak tepat saat melakukan latihan kaki.
  • Rotasi kaki yang buruk.
  • Kontraksi otot secara cepat dan tiba-tiba.
  • Kelelahan otot yang meningkatkan kemungkinan cedera.
See also  Profil Syahrian Abimanyu, Pesepakbola Idola Remaja

Pemain Bola dengan Cedera Hamstring Parah

Banyak pemain papan atas telah menderita cedera hamstring selama karir mereka, beberapa di antaranya mendapat dampak yang lebih serius daripada yang lain. Meski bukan kartu mati, cedera hamstring telah merusak karir beberapa pemain bola terbaik di dunia. Berikut diantara pemain bola yang terkena dampak dari cedera hamstring yang dialami:

Michael Owen

Karir Michael Owen sebagai pemain bola melejit saat dia bergabung dengan Liverpool dan Inggris pada akhir 1990-an. Kecepatan kilatnya adalah salah satu senjata utama di atas lapangan bola. Gaya bermainnya yang dengan cepat melewati para bek di sayap lawan berhasil meraih hati para penggemarnya.

See also  Pemain Sepak Bola Indonesia Beragama Kristen

Tetapi semuanya berubah ketika ia mengalami cedera hamstring serius pada usia 19 tahun dalam pertandingan melawan Leeds United. Dalam sebuah wawancara, Owen mengaku bahwa cedera itu telah mengubah karirnya. Dia kehilangan sepertiga kekuatannya dan tidak lagi bermain di lapangan dengan cara yang sama.

Meskipun mengalami kemunduran besar, Owen terus bermain untuk klub seperti Real Madrid, Manchester United dan Newcastle United. Dengan cedera yang dialaminya, dia masih mampu mencetak 40 gol dalam 89 pertandingan untuk Inggris dan memenangkan Ballon d’Or.

Ousmane Dembele

Pemain andalan Barcelona ini mengalami cedera hamstring serius pada 2019. Saat itu tepat pada debut penuhnya di La Liga untuk tim Catalan. Dembele mengalami cedera otot bisep femoris dalam pertandingan melawan Getafe. Akibat cedera itu, dia harus absen selama empat bulan dari permainan untuk melakukan proses penyembuhan.

See also  Biografi Bambang Pamungkas, Pesepakbola Panutan

Namun, tidak seperti Michael Owen, yang merasakan efek cedera hamstring sepanjang karirnya, Dembele memiliki peluang untuk pulih sepenuhnya, hal ini berkat kecanggihan teknologi medis untuk menangani masalah tersebut telah meningkat.

Fernando Torres

Pemain asal Spanyol Fernando Torres adalah salah satu contoh yang terkena dampak buruk dari resiko cedera dalam olah raga. Cedera hamstring pemain bola bisa jadi bencana dalam karir, terutama jika kekuatan mereka bergantung pada kecepatan berlari.

Torres tampil di Anfield sebagai salah satu striker yang paling cemerlang di Eropa, mencetak 24 gol dalam 33 penampilan liga untuk The Reds di musim perdananya. Tetapi serangkaian cedera yang dialaminya, di antaranya adalah cedera hamstring parah, telah membawa dampak pada kemunduran karirnya sebagai pesepakbola.

Begitulah, cedera hamstring pemain bola merupakan resiko yang rentan dialami jika menerjuni profesi di lapangan bola. Tetapi, tentunya ada cara pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari cedera. Selain juga kemajuan teknologi dan pengobatan telah meningkatkan penanganan untuk menangani masalah cedera dalam olah raga.

You May Also Like

About the Author: Yuko Haruna