Biografi Bambang Pamungkas, Pesepakbola Panutan

Sepakbola merupakan olahraga paling digemari masyarakat Indonesia. Karena popularitas cabang olahraga ini, banyak orang ingin menjadi pemain bola profesional. Pemain dari tanah air ini banyak terkenal akan keahliannya. Kali ini, artikel ini akan membagikan biografi Bambang Pamungkas sebagai mantan anggota sepakbola profesional paling tersohor pada awal 2010. Berikut adalah pemaparan biodata, karir, hingga prestasi Bambang Pamungkas. Mulai sejak awal beliau berkarir hingga status terbarunya setelah menjadi pemain sepakbola profesional. Simak poin-poin di bawah ini.

Biodata 

Mantan anggota Persija Jakarta ini dilahirkan tanggal 10 Juni 1980 di Getas, Semarang. Pemain sepakbola nasional yang sudah terkenal sejak 20 tahun lalu ini rupanya mulai menggeluti dunia persepakbolaan sejak masih berusia belia.

Karir 

Nama Bambang Pamungkas semakin bersinar setelah dia masuk ke tim nasional U-19 kemudian berhasil mencetak gol ketika Piala Tiger 2002. Sebelumnya, ia aktif mengikuti kelompok di tanah kelahirannya, Getas, Semarang selama tujuh tahun. Dalam kurun waktu tersebut, Bepe berpindah grup sebanyak tiga kali.

See also  Pemain Sepak Bola Indonesia Beragama Kristen

Masyarakat luas mendukung lalu memuja-muja pemegang posisi penyerang tengah tersebut ketika berhasil mencetak tujuh gol selama turnamen Piala Asia berlangsung. Hingga saat itu ia sampai dijuluki Top Scorer.

Karir Bepe semakin melejit ketika mencoba menginjakkan kaki bermain sebagai anggota klub luar negeri. Banyak grup Eropa yang menawarinya untuk bergabung, seperti klub Roda JR Kerkrade, FC Koeln dan Monchengladbach. Namun, ia lebih memilih bergabung ke kelompok EHC Norad klub di Belanda.

Walaupun hanya menghabiskan satu musim saja di negara kincir angin tersebut, Bepe tetap melanjutkan karir sepakbolanya ke grup luar. Kali ini berada pada negara tetangga. Ia berpartisipasi dalam grup Selangor FC serta membantu timnya bermain ketika bergabung dengan Liga Malaysia. Bepe mampu mendapat gelar Top Scorer dengan mencetak 24 gol selama Liga Utama Malaysia berlangsung.

See also  Pencetak Gol Portugal Terbanyak Sepanjang Masa

Setelah dua tahun bermain sepak bola di negara pemilik Menara kembar Petronas, Bepe memutuskan untuk keluar dari Selangor FC. Beliau kembali berkecimpung ke klub lamanya, Persija Jakarta. Pemegang jersey nomor 20 itu memilih melanjutkan karirnya lewat Persija Jakarta.

Prestasi Bambang Pamungkas

Berkali-kali melewati pergantian musim menjalani kehidupan sebagai pemain profesional hingga ke manca negara tanpa segelintir penghargaan adalah hal mustahil. Tidak hanya masyarakat tanah air saja mengakui kehebatannya, tetapi masyarakat internasional juga mendapati kehebatannya dalam menggocek bola.

Inilah beberapa penghargaan prestisius miliknya, pertama saat membantu klub Persija memenangkan Juara Liga Indonesia 2000. Kedua yaitu tahun 2005 ia membantu Selangor FC pada tiga kompetisi yang berbeda, yaitu Liga Utama Malaysia, Piala Malaysia serta Piala FA Malaysia.

Mantan pemain terpopuler tim nasional Indonesia itu memiliki segudang penghargaan individu. Penghargaan paling prestisius yaitu saat mendapatkan Piala Suzuki AFF 2010. Masa-masa tersebut, bisa dibilang masa kejayaan sepakbola negara kita sedang memuncak muncaknya.

See also  Profil Syahrian Abimanyu, Pesepakbola Idola Remaja

Bambang Pamungkas rupanya berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat luas khususnya para anak muda untuk mendukung tim nasional Indonesia. Dukungan media pun sangat besar. Apa lagi saat Beliau mulai menjadi Brand Ambassador merk-merk ternama, mulai dari makanan, sampo, sepatu, hingga minuman berenergi.

Pada masa jaya tersebut, sepakbola Indonesia terkhususkan tim nasionalnya semakin dikenal luas karena hadirnya film Garuda di Dadaku. Karena antusiasme yang begitu luar biasa, film tersebut sampai dibbuat sekuel dua tahun setelah film pertama ditayangkan.

Itulah biografi Bambang Pamungkas. Meskipun Bambang Pamungkas memang terbilang sudah memasuki usia tidak muda lagi, beliau masih aktif dalam memajukan kelompok Persija Jakarta. Beliau memegang jabatan sebagai manajer pada perlombaan Liga 1 2020. Hingga saat ini, ia aktif membantu para pemain  sepakbola Indonesia agar dapat berkiprah di Tanah Air.

You May Also Like

About the Author: Yuko Haruna